Analisis desain Poster Game Genshin Impact patch 4.7

 Analisis desain Poster Game Genshin Impact patch 4.7





Abstrak

    Poster merupakan salah satu media yang sangat penting dalam hal mempromosikan sebuah game. Dalam sebuah poster game dapat berisikan berbagai macam hal seperti identitas game, spoiler game, maupun terdapat makna-makna tersirat yang ada dalam poster. Pada penelitian ini akan menganalisis poster game Genshin Impact yang update patch 4.7. Penelitian ini deilakukan dengan metode kualitatif yang bersifat desktriptif bedasarkan teori semiotika Rooland Barthnes. Dimana hasil penelitian akan detemukan makna denotatif dan konotatif antara element desain yang terdapat pada poster Genshin Impact patch 4.7. makna denotatif dan konotatif tersebut akan berkaitan dengan update story yang ada pada patch 4.7.


Pendahuluan

    Poster merupakan sebuah media komunikasi visual yang bersifat persuasif tingga karena menampilkan perasaan kuat terhadap khalayak. Berdasarkan sifat poster yang sangat efektif dalam menyampaikan pesan, hingga kini poster masih sangat banyak digunakan dalam berbagai hal dan untuk berbagai hal. Selain itu poster juga mengalami perkembangan sehingga dalam sebuah poster terdapat banyak sekali hal yang dapat menjadi sumber informasi.

    Game digital adalah sesuatu aplikasi yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu, biasanya dalam konteks tidak serius atau dengan tujuan refreshing. Terdapat berbagai tipe game dari yang kasual hingga game kompetitif. Dalam hal ini Genshin Impact merupakan sebuah game RPG yang bersifat kasual, sehingga banyak player yang memiliki tujuan yang berbeda-beda dalam bermain game ini.

    Peranan poster dalam sebuah game merupakan media yang sangat penting untuk promosi sebuah game. Sehingga dalam pembuatan poster pastinya memiliki konsep yang dipertimbangkan secara matang dari proses produksinya. Jika ide yang dituangkan kedalam poster sudah melewati proses pematangan, maka informasi yang akan dikomunikasikan akan menjadi semakin efektif.

    Penulisan ini bertujuan untuk menganalisis makna dari tanda yang terdapat dalam poster game Genshin Impact patch 4.7. pembahasannya akan menggunakan teori semiotika Roland Barthnes yang membahas makna denotatif dan konotatif dari element-element desain yang terdapat pada poster. 


Metode Penelitian

    Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan studi literatur berdasarkan teori semiotika roland Barthnes. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi terhadap objek-objek yang terkait dengan poster game Genshin Impact patch 4.7 yaitu seperti menyaksikan trailer update game Genshin Impact, Bermain game Genshin Impact, dan menyelesaikan quest terkait update game Genshin Impact patch 4.7. Kemudian menggunakan salah satu teknik dalam menganalisis data yaitu dengan teknik analisis visual mengenali makna denotatif dan konotatif pada elemen poster.


Pembahasan


    Gambar yang ditampilkan pada poster tersebut merupakan sebuah ilustrasi dari karakter yang terdapat pada game Genshin Impact. Poster tersebut menampilkan Aether (saudara laki-laki) dan Lumine (saudara perempuan) yang sedang tertidur di atas padang rumput yang luas. selain itu ada seorang karakter yang terlihat sedang berdiri dan memperhatikan mereka berdua yang bernama Dainsleif. Dalam quest story diceritakan bahwa Aether dan Lumine merupakan kedua saudara yang dipisahkan oleh seorang dewa. Kedua saudara tersebut akhirnya menjelajahi dunia bernama Teyvat untuk menemukan saudaranya. Pada update game Genshin Impact patch 4.7 diceritakan bahwa mereka berdua bertemu kembali namun dalam dunia khayalan. Sedangkan Dainsleif yang merupakan pengembara menjadi karakter penting dalam pertemuan kedua saudara tersebut.
     Pada poster tersebut divisualkan ekspresi dari Aether dan Lumina menunjukkan ekspresi nyaman. sedangkan Ekspresi dari Dainsleif menunjukkan ekspresi curiga seperti sedang memperhatikan mereka. Latar yang digunakan dalam poster tersebut menunjukkan sebuah padang rumput yang luas. Terdapat beberapa bunga yang tumbuh diatas pada rumput tersebut. Langit yang ditampilkan menggambarkan langit sore hari dengan menggunakan warna yang hangat.
    Dari pembahasan tersebut akan dikaitkan dengan teori semotik Roland Barthes. Teori tersebut mengaitkan antara makna denotasi dan konotasi dari element-element yang terdapat pada poster tersebut. Berikut ini merupakan pembahasan dari makna denotasi dan makna kontasi dari poster tersebut :

- Gambar

Makna denotasi

Makna konotasi

Aether dan Lumine tertidur

Menggambarkan pertemuan dari kedua saudara yang berpisah dalam cerita game Genshin Impact

Dainsleif Memperhatikan dari jauh

Menggambarkan bahwa karakter ini sedang memperhatikan kedua saudara tersebut dengan menjaga jarak

Ekspresi nyaman Aether dan Lumine

Ekspresi tersebut menggambarkan perasaan dari kedua saudara tersebut yang sudah lama tidak bertemu dan bertemu kembali

Ekspresi dainsleif

Ekspresi dainsleif yang seperti memperhatikan dan curiga karena sedang menjalani misi penting


- Tipografi

Makna denotasi

Makna konotasi

Tulisan “Genshin Impact”

Menggambarkan bahwa poster tersebut merupakan sebuah bocoran dari story quest yang akan dijalani para player di game Genshin Impact,


- Warna

Makna denotasi

Makna konotasi

Warna hangat

Menggambarkan bahwa situasi yang digambarkan merupakan sebuah situasi kehangatan antara Aether dan Lumine.



Kesimpulan

    Berdasarkan hasil analisis yang telah dijabarkan dapat disimpulkan bahwa dalam poster game Genshin Impact patch 4.7 memiliki banyak element desain yang bermakna dan terdapat keterkaitan dengan jalan cerita dari game tersebut. Dari makna denotasi dan konotasi yang telah dibahas para khalayak dapat tergambar mengenai story quest yang akan mereka jalani. Maka dari dapat disimpulkan bahwa poster ini menampilkan banyak sekali makna yang ingin disampaikan dari desainernya.

Daftar pustaka

(No date a) Poster. Available at: http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._KURIKULUM_DAN_TEK._PENDIDIKAN/197706132001122-LAKSMI_DEWI/MEDIA_GRAFIS/MEDIA_GRAFIS-HSL_MHSISSWA/poster/POSTER_fix.pdf (Accessed: 23 June 2024).

(No date b) 5 Bab II landasan teori 2.1. Pengertian Permainan (game). Available at: https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/3752/05.2%20bab%202.pdf?sequence=8&isAllowed=y (Accessed: 23 June 2024). 

Komentar

Postingan Populer